Definisi Istilah Dalam Fungsi-Fungsi Manajemen
· Planning : termasuk didalamnya Bugeting yakni fungsi untuk menetapkan tujuan, posele, prosedure, anggaran dan program dari suatu usaha.
· Organising : yakni pengelompokan kegiatan dan penetapan susunan organisasi, tugas dan fungsi dari setiap unit.
· Stapping / Assembling : yakni penyusunan personalia dari merengkut tenaga kerja, pengembangan sampai tercapai daya guna yang berguna bagi pekerja.
· Leading : yakni fungsi kepemimpinan yang meliputi kegiatan mengambil keputusan, komunikasi dengan bawahan, memberi inspirasi dan dorongan serta
meningkatkan kualitas kerja pegawai baik sikap maupun keterampilan.
· Coordinating : yakni kegiatan untuk menccegah kekacauan, kekosongan, kecekcokan, menyelaraskan pekerjaan sehingga terhadap kerjasama.
· Motivating : yakni kegiatan memberi inspirasi, semangat dan dorongan untuk bekerja dengan suka rela dan semangat.
· Controlling : yakni pengendalian/pengawasan yang mengadakan koreksi agar kegiatan sesuai dengan rencana dan tujuan perusahaan.
· Reporting : yakni penyampaian laporan tentang perkembangan / hasil kegiatan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsinya.
Fungsi Perencanaan :
Sebuah rencana disusun jika seseorang sedang melakukan kegiatan pekerjaan, seorang manajer harus menetapkan dahulu cara bertindak, sehingga setiap perencanaan walaupun diputuskan sekarang, tetapi senantiasa menyangkut masa akan datang.
· Kegiatan Perencanaan :
1. Pembuatan ramalan.
2. Penetapan tujuan.
3. Penyusunan program.
4. Penjadwalan.
5. Penyusunan anggaran.
6. Pengembangan prosedur.
7. Penetapan dan penafsiran kebijaksanaan.
Fungsi Pengorganisasian
Seorang manajer harus mengatur dan menghubungkan pekerjaan yang akan dilaksanakan sehingga dapat diselesaikan dengan efektif dan efisien oleh orang-orang yang dipilih.
· Kegiatan pengorganisasian :
1. Merancang struktur organisasi.
2. Melimpahkan wewenang dan tanggung jawab.
3. Menetapkan hubungan antar bagian dalam organisasi yang merupakan tiga kegitan pokok yang perlu dilalui dengan seksama.
Fungsi Kepemimpinan
Seorang yang memimpin perusahaan berarti membuat para pekerja rela dan suka bekerja dalam rangka menyelesaikan tugas demi tercapainya tujuan bersama
· Kegiatan Kepemimpinan
1. Mengambil keputusan.
2. Mengadakan komunikasi.
3. Memberikan dorongan.
4. Memilih orang-orang untuk keperluan lingkungan dan pengembangannya sehingga cocok dengan sikap yang dituntut tempat mereka bekerja.
Fungsi Pengawasan
Seorang yang melakukan penilaian dan pengukuran pekerjaan yang sedang dan telah selesai dilaksanakan
· Kegitan Pengawasan
1. Pengembangan standar hasil.
2. Pengukuran hasil.
3. Penilaian hasil.
4. Perbaikan hasil bila diperlukan.
Unsur-Unsur Manajemen
Jika kita berbicara tentang manajemen, maka kita lihat sisini tentang kerjasama dari semua pihak untuk mencapai tujuan bersama. Dimana semua pihak sebagai suatu sistem yang merupakan sekelompok objek / satuan yang terpadu untuk membentuk keseluruhan kegiatan / bergerak saling bergantung satu sama lain dengan harmonis. Dalam setiap sistem dapat ditemukan sejumlah unsur yang mendukungnya.
Suatu sistem adalah seperangkat unsur-unsur yang membentuk aktifitas / proses untuk mencapai tujuan sedangkan unsur manajemen yang menjadi penentu pencapaian usaha yang sering disebut toolsof management.
Unsur-Unsur Manajemen Menurut Elex Guntur meliputi 6M :
1. Man ( manusia ) merupakan tenaga kerja.
2. Money ( uang ) diperlukan untuk mencapai tujuan.
3. Material ( bahan ) bahan yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
4. Methode ( cara ) cara untuk mencapai tujuan.
5. Machine ( mesin ) mesin yang digunakan untuk mencapai tujuan.
6. Market ( pasar ) tempat untuk menjualkan hasil produksi.