Kamis, 17 Januari 2013

MATERI BUSANA ANAK PRIA



A.    Pengetahuan Busana Anak Laki – laki
            Busana anak merupakan salah satu busana yang dipakai oleh anak – anak, sehingga dalam pembuatan busana tersebut harus memperhatikan beberapa faktor yaitu : usia, bahan, warna, desain, dan teknik penyelesaian. Menurut Daryanti Sukamto (2004:1) usia anak di kelompokkan menjadi : 0 – 1 tahun disebut masa bayi, 1 – 5 tahun disebut masa balita (pra sekolah), 6 – 12 tahun disebut masa sekolah (usia sekolah). Makin banyak umurnya, makin banyak variasi model, jenis maupun bahan busananya. Pada busana anak laki – laki variasi model dan corak kainnya lebih sederhana dibandingkan variasi busana untuk anak wanita.
            Ciri – ciri busana anak laki – laki perlu memperhatikan faktor – faktor sebagai berikut :
1.      Busana cenderung agak longgar sehingga mudah dan leluasa untuk bergerak
2.      Mudah mengenakan dan membukanya
3.      Mempunyai kantung (saku) yang dapat dipakai untuk menyimpan sesuatu
4.      Jenis akainnya mudah diserap keringat, kuat dan mudah perawatannya (popelin, berkolin, tobralko, tetoron, arrow, oxford, denim, katun)
5.      Tidak mudah kusut
6.      Warna bahan busana untuk anak –anak yang cocok adalah warna yang cerah (warna panas), seperti jingga, kuning dan merah. Warna – warna ini memberi kesan riang, gembira dan cocok dengan sifat anak. Hindari warna bahan yang berwarna gelap, seperti merah tua, biru tua, atau hijau tua
7.      Sesuai dengan badan anak yang masih kecil, ragam busana yang cocok untuk anak adalah yang bercorak kecil.corak ini dapat berupa bola – bola, binatang yang lucu, garis, atau kotak – kotak. Corak bahan yang besar tidak cocok untuk busana anak, seperti ragam bunga besar. Menurut tebal tipisnya bahan busana, busana anak dibuat dari busana yang sedang, bukan tipis atau tebal

B.     Model Busana Anak Laki – laki
            Model busana anak laki – laki relative tidak berubah dari waktu ke waktu hingga saat ini. Perubahan yang paling mencolok adalah motif yang digunakan biasanya mengikuti trend yang sedang berkembang pada masanya. Misalnya gambar – gambar pada tokoh cerita anak – anak, seperti Superman, Naruto, Batman, Atau Doanal Bebek Serta Mickey Mouse.

            Model busana anak laki – laki umumnya terdiri dari dua bagian, yaitu : busana  bagian atas atau kemeja, dan busnaa bagian bawah atau celana, baik celana pendek, tanggung, dan celana panjang. Beberapa variasi untuk busana laki – laki bisa juga dipergunakan vest, rompi, atau overall.
1.      Kemeja lengan pendek anak laki – laki
Anak usia sekolah biasanya mernakai busana seragam berupa kemeja lengan pendek. Kemeja lengan pendek anak laki-laki tidak banyak variasinya, pada umumnya variasi yang dilakukan berupa variasi warna dan permainan garis atau kotak-kotak pada bahan, lebar pas bahu, bentuk kerah dan saku. Seringkali kemeja anak laki-laki dihiasi pula dengan aprikasi gambar-gambar pada bagian muka untuk menambah ceria busananya.
2.      Model celana pendek anak laki – laki
Celana pendek anak laki-laki modelnya hamper tidak pernah berubah, yaitu dengan saku dalam dari bagian sisi, kupnat, dibagian belakang, penutup dengan memasang resleting pada garis tengah muka. pinggang diselesaikan dengan memasang ban pinggang. Memotong lapisan piriggang atau menggunakan karet elastik pada bagian belakang untuk memudahkan pergerakan dan perkembangan anak yang pesat pada usia 3-6 tahun.
C. Model Celana Pendek Anak Laki – laki
1.      Busana bermain / rumah
2.      Busana sekolah
3.      Busana olahraga / busana rekreasi
4.      Busana tidur
5.      Busana pesta
Deskripsi model:
Busana bermain anak untuk usia antara 5 - 10 tahun, terdiri dari bagian atas dan celana pendek atau celana tanggturg 3 cm di bawah lutut. Bahan dasar busana bermain bagian atas menggunakan kaos (TC) dan bagian bawah (celana) dari kain katun. Motif - motif
pada bagian muka sangat variatif dengan gambar-gambar tokoh-tokoh dari cerita  anak -anak dan gambar binatang yang sedang up to date. Ciri khas lainnya pada busana
bermain anak adalah permainan warna-warna yang kontras, nampak ceria, riang, dan
membuat suasana hati anak selalu gembira.